Tuesday, March 04, 2008

Milk Treatment

MT KPBS Pangalengan

Milk Treatment KPBS merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang pengolahan susu segar, susu segar pasteurisasi dengan rasa, susu segar pasteurisasi tanpa rasa, selain itui juga dikirim ke industri pengolahan susu (IPS) untuk diolah lebih lanjut.

Selama bulan April 2003, Milk Treatment KPBS Pangalengan menerima jumlah susu segar dari anggota sebanyak 2.669.741,5 liter yang disajikan dalam tabel 4. .Rata-rata total jumlah penerimaan susu segar setiap harinya adalah sekitar 50.000 kilogram bahan baku susu segar.

Bahan baku susu segar diperoleh dari para peternak yang menjadi anggota KPBS sebanyak 6.570 orang yang berada di daerah kerja MT KPBS yang meliputi tiga Kecamatan yaitu Kecamatan Pangalengan, Kecamatan Kertasarie, dan Kecamatan Pacet. Ketiga daerah kerja ini terdiri dari 21 Desa, 28 KOMDA, dengan 178 kelompok peternak sapi perah yang tersebar padaa 35 Tempat Pelayanan Koperasi.

Para anggota menyerahkan susu ke tiap-tiap TPK yang terdekat sesuai dengan kelompoknya, untuk kemudian ditampung dan dibawa ke Milk Treatment untuk diolah menjadi susu pasteurisasi, baik susu rasa maupun tanpa rasa dan susu chilled. Tempat Pelayanan Koperasi yang tegabung dalam Komisariat Daerah, yaitu Ciawi, Sukamenak, Cipanas I, Cipanas II, Kebon Jambu, Pulosari, Pangalengan, Warnasari, Bojong Waru, Norogtog, Lebak Saat, Cisangkuy, Citere, Babakan Kiara, Los Cimaung I, Los Cimaung II, Wates, Gunung Cupu, Pintu, Cipangisikan, Wanasuka, Cisabuk, Cibereum, Sukapura, Lodaya, Wates, dan Cinangsi. Sedangkan susu yang berasal dari wilayah timur, yaitu wilayah Goha, Cikembang, Plered, Cihawuk, Cirawa, Cibeureum, Cihalimun, Sukapura, Cisabuk, Wanasuka, Kertasari, Citawa, Lodaya, Gunung Cupu, dan Wates langsung dikirimkan ke IPS setelah terlebih dahulu dilakukan proses pendinginan di Milk Treatment Goha.

No comments:

Post a Comment