Saturday, March 08, 2008

Pangalengan, Contoh Kawasan Berbasis Pertanian Terpadu

Peternakan Sapi Perah Pangalengan

Pangalengan merupakan daerah di selatan Bandung yang memiliki iklim yang sejuk dan tenang. Udaranya sangat dingin. Masyarakatnya sangat ramah dan bersahaja. sungguh kota yang tenang dan damai. Para warganya sebagian besar berusaha di bidang peternakan, pertanian, dan pengolahan. Banyak warga yang memiliki ternak sapi perah. Sapi perah di Pangalengan sudah ada semenjak zaman pemerintahan Belanda. Hingga kini masih terus dipertahankan, dan saat ini pengelolaan dari usaha peternakan rakyat tersebut dikendalikan oleh KPBS, Koperasi Peternak Bandung Selatan. Setiap pagi aktivitas masyarakatnya memerah susu untuk kemudian dikumpulkan melalui truk-truk tangki milik KPBS. Begitu juga saat sore hari, warga berbondong-bondong membawa milk can yang berisi susu sapi segar dari kandang ternaknya.
Selain memerah susu sapi, kegiatan lain warga pangalengan adalah pengolahan susu menjadi produk baru yang memiliki daya tahan yang cukup lama, misalnya dari susu sapi segar tersebut dibuat karamel (sejenis permen), dodol susu, kerupuk susu, dan yoghurt. Beberapa peternak yang mengolah susu sapi menjadi produk makanan terbilang sukses. Bahkan mereka mampu menyekolahkan anak-anaknya hingga ke perguruan tinggi. Begitu pun dengan lahan pertaniannya yang subur makmur. Beberapa komoditas yang diandalkan dari lahan pertanian di Pangalengan adalah kentang kualitas ekspor, kubis, kol, dan macam-macam jenis sayuran yang setiap hari memenuhi pasar-pasar besar di kabupaten bandung hingga Jakarta dan beberapa kota di Jawa Tengah dan Jawa Timur.
Kenyataan di atas membuktikan bahwa, pertanian dan peternakan merupakan bidang yang layak diprioritaskan dalam pembangunan masyarakat desa guna mencapai kemakmuran. Pertanian-peternakan merupakan satu kesatuan yang sinergis jika dikembangkan secara profesional.
to be continued....

1 comment:

  1. saya mau beternak sapi perah, dimana saya bisa membeli sapi perah? harganya berapa? dan dimana saya bisa menyewa kandang untuk sapi perah? berapa harga sewanya?

    ReplyDelete