Tuesday, March 04, 2008

Garut Sebagai Kawasan Peternakan Sapi Perah

Bayongbong 2002

Kecamatan Bayongbong Kabupaten DT II Garut sudah sejak lama dikenal sebagai salah satu sentra usaha ternak perah. Usaha tersebut berkembang cukup pesat karena ditunjang oleh sarana dan prasarana yang cukup memadai, diantaranya terdapat KUD Unit Persusuan, sehingga terjadi peningkatan populasi ternak sapi perah yang pada akhirnya diikuti pula dengan peningkatan produksi susu.
Hingga saat ini susu segar yang dihasilkan peternak di Kabupaten Garut belum diolah menjadi produk olahan sus, tetapi masih dipasarkan dalam bentuk segar melalui KUD yang selanjutnya dikirim ke Industri Pengolahan Susu (IPS) di Jakarta. Selama pemasaran tersebut sering dijumpai kendala berupa rusaknya susu sebelum sampai ke IPS yang tidak memenuhi standar yang ditetapkan, oleh karena itu perlu dicari jalan keluarnya, salah satu alternatipnya melalui pengolahan susu.
Aplikasi teknologi pengolahan susu sebaiknya menggunakan teknologi yang mudah diserap dan cepat dikuasai oleh peternak atau usaha kecil setempat, antara lain melalui pembuatan karamel, dodol susu, susu kental manis dan sebagainya. Alasan aplikasi teknologi pengolahan susu menjadi produk olahan susu tersebut, karena Garut sudah lama dikenal sebagai kota industri dodol yang produknya telah dikenal ke berbagai mancanegara, seperti negara-negara Timur Tengah, Malaysia dan sebagainya. Selain itu, dengan menguasai teknologi pengolahan susu secara sederhana akan mudah dilakukan, sehingga apabila susu peternak ditolak maka keluarga peternak dapat melakukan diversifikasi produk sehingga peternak tetap memperoleh pendapatan. Di sisi lain, ketergantungan peternak terhadap industri pengolahan susu semakin kecil, dan dengan melakukan diversifikasi produk, pendapatan peternak akan semakin besar dibandingkan bila hanya menjual produk berupa susu segar.
Bahan baku dodol terbuat dari tepung beras ketan, gula, terigu dan flavor, sehingga makanan ini kaya akan energi akan tetapi rendah protein. Dengan melalui inovasi pembuatan dodol susu yang terbuat dari bahan baku susu akan meningkatkan nilai gizi dodol tersebut. Produk dodol susu saat ini sudah lama dikenal di Pangalengan, Kabupaten Bandung, disamping produk-produk olahan susu lainnya seperti karamel, kerupuk susu dan sebagainya. Prestasi di daerah Pangalengan sebagai penghasil produk olahan susu perlu dikembangkan di daerah lainnya seperti Kecamatan Bayongbong Kabupaten Garut. Hal tersebut sangat memungkinkan mengingat daerah tersebut merupakan sentra peternakan sapi perah.
Pengenalan teknologi sederhana pengolahan susu melalui pembuatan karamel dan dodol susu, perlu juga dibekali dengan teknologi pengolahan yang lebih maju diantaranya pembuatan susu kental manis (SKM). Teknologi pengolahan susu tersebut perlu dimasyarakatkan melalui kegiatan pelatihan pengolahan susu, sehingga diharapkan dapat menimbulkan wirausaha baru dan sekaligus meningkatkan pendapatan peternak dan nilai tambah yang pada akhirnya dapat menyerap tenaga kerja baru.

1 comment:

  1. Slmt malam nanda,, saya Husin (56 th),, wirausaha di bidang perlengkapan peternakan (karpet sapi),, kalau boleh,, saya butuh info mengenai lokasi peternakan sapi perah di Bayongbong ini beserta contact person yg dpt saya hubungi disana,, terima kasih apabila nanda dapat membantu saya. wassalam. nanda bisa menginformasikannya via email ke : desimaulany@gmail.com. terima kasih.

    ReplyDelete