Tuesday, March 04, 2008

Perusahaan Pengolahan Susu Sapi

PT.ISAM
Pangan merupakan salah satu kebutuhan manusia yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Tubuh manusia membutuhkan makanan sebagai sumber energi, membantu pertumbuhan dan perkembangan, menjaga kesehatan tubuh, sebagai alat pembantu pelindung tubuh, dan lain sebagainya. Berdasarkan kandungan zat-zat gizinya, makanan dapat dikelompokan kedalam enam jenis, yaitu sebagai sumber protein, karbohidrat, lemak, vitamin, mineral dan air. Diantara keenam zat gizi tersebut, protein merupakan zat gizi yang memiliki fungsi cukup penting, diantaranya untuk membantu proses pertumbuhan dan perkembangan, sebagai bahan bakar dalam tubuh, zat pengatur berbagai proses dalam tubuh, mengatur keseimbangan asam-basa tubuh, dan lain-lain.
Susu sapi merupakan bahan pangan yang kaya akan protein, selain itu kandungan zat-zat gizinya sempurna dan paling mudah dicerna oleh tubuh. Menurut Appandi dan Chairunnisa (1975), Susu merupakan suatu emulsi lemak dalam larutan gula, garam mineral, dan protein dalam bentuk koloid. Susu memiliki kandungan zat-zat gizi dengan perbandingan sempurna, sehingga sangat esensial bagi tubuh. Zat-zat esensial tersebut menurut Haryanto (1998) terdiri dari air (88%), Protein (3,3%), Laktosa (4,7%), Lemak (3,3%), abu (0,7%) dan sisanya adalah vitamin-vitamin. Keseluruhan zat-zat esensial tersebut dapat dengan mudah dicerna dan diabsorpsi oleh tubuh (Muchidin,1993). Konsumsi susu perkapita pertahun masyarakat indonesia pada tahun 1996 adalah 5,72 kg atau 0,50 gr perkapita/hari, sedangkan pada tahunm 1998 terjadi penurunan sebesar 5,10 kg atau 0,44 gr perkapita/hari. Pada tahun1996 produksi susu segar dalam negeri sekitar 386.000 ton dengan jumlah permintaan susu sebesar 1.125.400 ton, namun pada tahun 1998 terjadi penurunan produksi dengan penerimaan susu dalam negeri yaitu sekitar 341.700 ton, dengan jumlah permintaan susu sebesar 1.034.600 ton, karena itu dilakukan impor susu dari luar negeri guna manutupi permintaan konsumen tersebut (LIPI,2000).
Dilihat dari segi nutrisi, susu memang merupakan bahan makanan yang kaya akan zat gizi, keadan ini disisi lain justru dapat menjadi media yang sangat baik sebagai tempat tumbuh dan berkembangnya bakteri pathogen, sehingga susu menjadi mudah dan cepat sekali mengalami kerusakan. Jenis mikroba pathogen yang sering terdapat dalam susu diantaranya yaitu jenis Coliform, Bacillus subtilis, Strepytococcus liquefaciens, Alkaligenes viscous dan lain sebagainya.
Ada 2 upaya yang sering digunakan untuk dapat mempertahankan daya keawetan susu, yaitu dengan metode pendinginan dan pemanasan. Cara pendinginan bertujuan untuk menghambat pertumbuhan dan perkembangan mikroba, temperatur yang digunakan umumnya adalah 2-40C. Cara pemanasan dapat dilakukan dengan jalan pasteurisasi dan sterilisasi, yang keduanya bertujuan sama, yaitu untuk membunuh semaksimal mungkin bakteri pathogen. Kedua cara ini dapat dilakukan secara mudah apabila jumlah susu tidak terlalu banyak, namun apabila dalam jumlah besar, proses pengolahan dan penanganan susu relatif lebih kompleks dan lebih sulit dilakukan. Oleh karena itu, diperlukan suatu institusi yang mampu melakukan usah-usaha tersebut.
PT Industri Susu Alam Murni (ISAM) merupakan perusahaan yang bergerak dibidang pengolahan susu sapi. Sumber bahan baku yang dipergunakan berasal dari para peternak rakyat yang ditampung melalui KUD. Disamping itu, PT ISAM juga memilki kerja sama yang erat dengan perusahaan peternakan sapi perah PT Tsukisima Indofood Agropratama (PT TIA) Sukabumi yang berfungsi sebagai suplier tetap bahan baku untuk pembuatan produk olahan susu organik. Beberapa produk hasil produksi PT ISAM diantaranya adalah susu Pasteurisasi, susu Sterillisasi, dan Yoghurt.
Dengan keberadaan PT ISAM ini, diharapkan dapat mampu menyediakan dan mendistribusikan produk-produk olahan susu keberbagai tempat untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, sehingga akan menjadi salah satu institusi yang dapat mensejahterakan masyarakat baik dipihak peternak maupun masyarakat konsumen umumnya.

3 comments:

  1. mas, mau tanya,,,,PT. ISAM ini skrang masih berdiri atau sudah colaps,,,,sebab ada sumber yang mengatakan bahwa perusahaan ini sudah colaps dari 6 bulan terakhir.
    makasih,,,

    ReplyDelete
  2. saya Bp.Djoko peternak asal tuban dengan populasi sapi sekitar 400 ekor. saya berterimakasih kepada Bp.Sugeng Greenring dan dr.Herry Agoes Hermadi (dosen fakultas kedokteran hewan UNAIR) beliau memang konsultan handal dalam bidang ternak. dengan pakan ternak racikan beliau serta tambahan probiotik buatan beliau sapi saya makin rakus. uang makin banyak. asyik cepet gemuk. tapi masalahnya tempat produksi pakannya jauh sih dari tempat saya. katanya beliau janjikan didaerah tuban-bancar mau bikin tempat produksi besar-besarannya akhir juli 2009. ya semoga menjadi kenyataan. soalnya bisa mengirit ongkos trasnport, jadi harga pakannya jadi murah. moga pak sugeng dan dr herry melihat tulisan saya di blog ini. sekian dan terimakasih.

    ReplyDelete
  3. Menjual berbagai macam jenis Chemical untuk cooling tower chiller Boiler evapko STP wwtp dll untuk info lebih lanjut tentang produk ini bisa menghubungi saya di email tommy.transcal@gmail.com terima kasih

    ReplyDelete